Tidak Ada Sperma Saat Ejakulasi, Apa Masalahnya ?

Tidak ada sperma saat ejakulasi, apa masalahnya ? – Infertilitas atau kemandulan adalah masalah yang tidak hanya terjadi di kalangan wanita, tetapi juga pria. Pada pria, kemandulan umumnya berbasis dari faktor sperma.

Tidak Ada Sperma Saat Ejakulasi, Apa Masalahnya ?

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Rumah Sakit Pondok Indah Yassin Yanuar MIB mengatakan, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan sperma tidak dapat membuahi telur. Salah satunya adalah karena tidak ada sperma atau kurang sperma saat ejakulasi.

Pria ejakulasi, tapi enggak ada sperma. Sperma tidak bisa ditemukan, itu bisa jadi salah satu gangguan sperma berat azoospermia,” tutur Yassin dalam diskusi di Jakarta, dikutip dari kompas.com.

Baca juga: Penambah sperma alami tanpa efek samping

Gangguan sperma dapat menjadi satu bagian ginekologi untuk mengatasi masalah kesuburan pasangan. Jika pria memiliki azoospermia atau sperma kosong, dokter kandungan akan berkoordinasi dengan ahli urologi untuk mengetahui penyebab.

Yassin mengatakan, sperma terganggu dapat diperoleh dari “pabrik” sperma, distribusi, hingga sel sperma itu sendiri.

“Kalau ada bagian yang tersumbat, jumlah sperma bisa jadi rendah. Kalau lihat bentuknya, misalnya ada yang kepalanya dua, sperma yang rusak jadi enggak bisa masuk menembus sel telur. Ada juga sperma yang berenangnya lambat,” pungkas Yassin.

Gangguan dalam sperma yang menyebabkan infertilitas pada pria. Risiko kerusakan pada faktor-faktor sperma, antara lain, kebiasaan merokok hingga  dari organ penting yang sering terkena panas.

Dokter akan meminta pasien untuk membiasakan gaya hidup sehat terlebih dahulu untuk memiliki sperma yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *