Ini Adalah 7 Tanda Masa Subur Perempuan

Ini adalah 7 tanda masa subur perempuan yang bisa di rasakan tanpa harus melihat sistem kalender. Dan sebenarnya tanda-tanda ini bisa lebih efektif untuk mengenali masa subur ketimbang harus mempercayai pada sistem kalender.

masa subur

Untuk lebih mudahnya dalam menghitung masa ovulasi atau masa subur perempuan adalah hari ke-13/14 setelah mengalami siklus haid di bulan tersebut, namun hal ini pasti akan berbeda disetiap perempuan, mengingat pada siklus haid setiap perempuan pun berbeda-beda.

Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mengenali kondisi tubuh tentang perubahan apa saja yang terjadi ketika tubuh perempuan ada dalam masa subur. Terlebih lagi jika Anda adalah orang yang memiliki siklus haid yang tidak teratur. Berikut ini adalah tanda pada tubuh ketika sedang memasuki masa subur:

1. Meningkatnya Gairah Seksual
Jika Anda merasakan dorongan seksual yang tinggi dan terus ingin melakukan hubungan seksual bersama pasangan selama beberapa malam, kemungkinan besar Anda sedang berada dalam maSa ovulasi. Karena mengingat, gairah seks adalah sinyal alami bahwa tubuh telah siap untuk berproduksi.

Baca juga: Penambah sperma pria

2. Cairan Tarnsparan
Tanda yang sangat mudah dikenali adalah keluarnya cairan transparan pada vagina, bertekstur lengket bening seperti putih telur. Cairan ini bukanlah keputihan, melainkan cairan yang akan memudahkan sperma untuk bergerak lebih cepat menuju sel telur.

Selain itu, cairan transparan ini juga akan membantu Anda mengurangi rasa sakit saat berhubungan intim, karena dapat berguna sebagai pelumas alami dari dalam tubuh serta dapat membuat Anda lebih nyaman saat sedang melakukan penetrasi.

3. Rahim Terasa Lebih Terbuka dan Lembut
Kondisi ini mungkin akan terasa sedikit sakit karena vagina telah mengeluarkan lebih banyak pelumas akibat sekresi lendir lebih di masa tersebut, dan ketika itu rahim akan lebih terbuka dan menjadi lunak.

4. Payudara Terasa Nyeri
Nyeri dibagian payudara adalah salah satu tanda dari masa suburnya perempuan, namun masalah ini juga agak sedikit membingungkan jika mengingat sakit pada payudara bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Namun, jika perempuan merasakan sakit dada selepas siklus haid, maka bisa jadi itu adalah sinyal bahwa tubuh Anda sedang ada dalam masa subur.

5. Sakit Perut Bagian Bawah
Saat memasuki masa subur, terkadang perempuan akan merasakan nyeri ringan diperut bagian bawah kiri atau kanan, dan ini bisa terjadi dalam waktu beberapa menit atau bahkan jam.

Secara medis, ini adalah sensasi mittelschmerz yang disertai dengan mual saat keluarnya cairan dari dalam vagina.

6. Sedikit Bercak Cokelat
Kebanyakan perempuan akan mendapatkan bercak cokelat di saat masa ovulasi, hal ini disebabkan oleh falikel telur hadir untuk melepaskan telur dan menyebabkan bercak.

Maka, jika Anda menemukan bercak cokelat pada pakaian Anda, itu adalah tanda Anda sedang dalam masa ovulasi dan siap untuk melakukan hubungan seksual, dan lakukanlah sebaik mungkin jika Anda sedang mengharapkan kehamilan.

7. Indra Penciuman Lebih Sensitif
Tanda dari masa subur lainnya adalah Anda akan lebih mudah untuk menangkap aroma menarik dari lawan jenis atau pasangan, itu adalah salah satu tanda dari meningkatnya gairah seksual.

Meskipun begitu, Anda sebagai pasangan pria jangan melulu menyalahkan pasangan istri jika belum juga mengalami kehamilan, masa subur pria juga sama harus diperhatikan. Karena tidak hanya wanita saja yang memiliki masa subur, pria juga sama memiliki masa subur.

Jika memang Anda belum bisa mendapatkan kehamilan, mungkin saja Anda dari pihak pria memiliki sperma yang kurang berkualitas, kurang kental atau bahkan kurang banyak.

Untuk mendapatkan sperma pria yang berkualitas dan banyak serta kental cobalah Anda membaca artikel kesehatan berikut ini, semoga Anda bisa mendapatkan keturunan dengan sperma yang lebih berkualitas -> Cara meningkatkan kualitas sperma.

  • Apabila ada yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar dan berdiskusi dikolom komentar. Jika menurut Anda artikel ini memberikan manfaat dan solusi, silahkan di share ke sosial media yang Anda miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *