Apa Benar, Bersepeda Bisa Merusak Kualitas Sperma Pria ?

Apa benar, bersepeda bisa merusak kualitas sperma pria ? – Bersepeda adalah rekomendasi yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, namun ternyata penelitian telah mengungkapkan penilaian lain dengan menyatakan bahwa kegiatan bersepeda dapat mengurangi kualitas sperma dan jumlah produksi sperma seorang pria.

Apa Benar, Bersepeda Bisa Merusak Kualitas Sperma Pria ?

Para ahli yang telah melakukan penelitian dan menduga, hal tersebut hal tersebut terjadi karena sitokin. Sitokin adalah zat dalam darah yang menimbulkan peradangan dalam sel-sel sperma, dilepaskan saat bersepeda dalam intensitas tinggi. Sitokin juga mampu dilepaskan tubuh saat mengalami stres. Jika semakin lama jumlah sitokin ini makin berlebih, maka besar kemungkinan kualitas sperma priapun dapat rusak.

Baca ini: Cara menambah sperma pria

Penelitian terbaru yang dilakukan kepada 24 pria yang tergabung dalam komunitas bersepeda, mereka diperintahkan untuk bersepeda setiap hari selama 4 bulan dan bersepeda dengan intensitas maksimal. Hasil yang didapat dari jurnal Clinical  of Sports Medicine telah diketahui bahwa pria yang telah melakukan kegiatan tersebut kini memiliki kemampuan bergerak sperma yang melambat, serta terjadi penambahan jumlah sitokin. Dan penambahan sitokin yang terjadi ternyata mampu bertahan selama 30 hari setelah berhenti bersepeda.

Zat sitokin yang berada di volume tertentu dapat mempengaruhi pembentukan sperma. Jika sitokin dalam tubuh semakin meningkat dan berlebih, maka tidak menutup kemungkinan akan terjadinya kerusakan membran sel sperma. Para peneliti telah mengatakan bahwa jika olahraga dilakukan dengan ketat, menggunakan pakaian ketat dan terlalu lama duduk di pelana maka dapat meningkatkan suhu testis dan menyebabkan kerusakan sperma, serta dapat mengganggu pembentukan sperma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *